Posted in Tahukah Anda?

Kepada siapa kita bersedekah?

Mendahulukan kerabat terdekat jika ingin bersedekah. Sedekah yang paling utama adalah kepada kedua orang tua, kemudian kepada keluarga terdekat. Sebagaimana sabda Rasulallah SAW, “Hendaklah kamu berbuat baik kepada Ibumu kemudian ibumu sekali lagi ibumu, kemudian bapakmu kemudian orang orang yang terdekat dan terdekat”,(HR Bukhari). Sedekah kepada keluarga terdekat ini mengandung dua nilai sekaligus, nilai sedekah dan nilai silaturahim.

Jika kita tidak mampu bersedekah dengan harta, maka kita bisa bersedekah dengan tenaga, yakni membantu pekerjaan orang lain. Namun jika besedekah dalam bentuk ini juga tidak bisa, maka hendaknya kita berusaha sekuat tenaga untuk tidak melakukan perbuatan atau perkataan yang menyakiti orang lain.

Pengendalian diri untuk tidak melakukan kejahatan adalah sedekah kita kepada orang lain. Hal ini berdasar Sabda Rasulallah SAW ketika beliau ditanya oleh Abu Dzar. Abu Dzar menyatakan bahwa dirinya tidak mampu bersedekah dengan tenaga membantu pekerjaan orang lain, karena minimnya keterampilan yang ia miliki. Lantas Rasulallah SAW bersabda, “Engkau dapat mengekang kejahatanmu terhadap orang lain. Karena, hal itu merupakan sedekah darimu kepada dirimu,” (HR Bukhari-Muslim)

Penulis:

Senang berbagi ilmu manfaat, mendengar dan berbagi. Saya bekerja di bidang komputer dan screen printing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s